Selasa, 02 September 2014

Struktur Teks



Nama            : Gita Rodianah
Kelas             : X-AK 3
(1)    Teks itu ditulis oleh Junanto Herdiawan, seorang ekono dan pegiat ilmu filsafat. Dapatkah kalian menyusun struktur teks itu ke dalam pernyataan penapat (tesis)^argumentsi^penegasan ulang pendapat?
Pernyataan pendapat (tesis)
Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Found (IMF) 2012 di Tokyo. Sidang tersebut membahas tentang ekonomi Indonesia yang akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
Argumentasi
Indonesia memiliki 90 juta orang yang berada di kelompong consuming class. Angka tersebut akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan pendapatan 1.8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.
Saat ini ekonomi Indonesia ada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan 846 miliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan tumbuh menjadi 1.8 triliun pada 2017.
Kekuatan ekonomi Indonesia berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, serta kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa. Potensi tersebut menyebabkan para investor asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia.
Penegasan ulang pendapat
Harapan para investor tersebut merupakan peluang bagi Indonesia. Untuk memberikan pilihan investasi bagi investor tersebut serta menjadikan ekonomi Indonesia terbesar di Asia Tenggara, Indonesia melakukan upaya melakukan pendalaman pasar keuangan serta membenahi sector riil dan infrastruktur.
Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada pada kisaran 5-6 persen. Apabila pertumbuhan tersebut stabil, akan menambah jumlah penduduk kelas menengah hingga 90 juta orang dengan  pendapatan 3.600 dolar AS. Apabila pertumbuhan tersebut meningkat, akan menambah jumlah penduduk kelas menengah hingga 170 juta orang.
Sidang tersebut mengingatkan betapa besarnya potensi Indonesia.
Apabila potensi terebut tidak diwujudkan, maka prediksi investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.

Bandingkan jawaban kalian dengan struktur teks berikut ini. Pehatikan bagian-bagian yang dicetak tebal. Tahukah kalian bahwa bagian-bagian yang dicetak tebal itu menunjukkan apa? Kalian dapat menjawab pertanyaan itu dengan menghubungkan penjelasan kalian dengan struktur teks tersebut.
(2)    Setujukah kalian dengan pendapat penulis teks bahwa pada masa yang akan dating ekonomi Indonesia lebih bagus daripada ekonomi Jerman dan Inggris?
Saya setuju karena menurut riset dari McKinsey dan Standard Chartered memperkirakan Indonesia memiliki 90 juta orang yang berada di kelompong consuming class. Angka tersebut akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan pendapatan 1.8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.
(3)    Dengan membandingkan pernyataan pendapat pada paragraf 1 dan penegasan ulang pendapat pada paragraf 8--9, betulkah keduanya mengandung makna yang sama? Jelaskan lebih lanjut!
Tidak. Karena pernyataan pendapat pada paragraf 1 bermakna bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris. Sedangkan penegasan  ulang pada paragraf 8--9 bermakna akibat jika potensi tersebut tidak diwujudkan.
(4)    Berapakah jumlah argumentasi yang disampaikan oleh penulis teks? Berapakah argumentasi yang seharusnya ada dalam eksposisi? Apa yang menentukan hal itu?
(5)    Pendapat penulis teks itu dinyatakan sebagai berikut Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
(6)    Tulislah kembali pendapat tersebut dengan kalimat kalian sendiri!
Ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030 merupakan hasil riset dari media McKinsey dan Standard Chartered.
(7)    Pernyataan ulang pendapat penulis dinyatakan secara tidak langsung sebagai berikut:… besarnya potensi Indonesia dan sempitnya  momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begiyu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor terebut tidak akan menjadi kenyataan.
Tulislah kembali pernyataan itu dengan kalimat kalian sendiri!
Apabila potensi terebut tidak diwujudkan karena kita begitu asyik dengan urusan yang lain, maka prediksi investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.
(8)    Apakah argumentasi yang diajukan oleh penulis teks disusun menurut urutan pentingnya?
Jika tidak, urutkanlah dengan menggunakan penanda argumentasi Yang terpenting adalah Ekonomi Indonesia saat ini berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011; Yang berikutnya adalah kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional ; Selanjutnya saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3600 dolar AS ;  Yang terakhir Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juat orang yang berada di kelompok consuming class.
(9)    Mengapa ekonomi Indonesia harus dibandingkan dengan ekonomi negara-negara lain? Apakah hal itu digunakan untuk membangun argumentasi?
Untuk mengetahui posisi berapakah perekonomian Indonesia saat ini
(10)Apa risikonya apabila perkiraan penulis teks bahwa ekonomi Indonesia akan lebih baik daripada ekonomi negara-negara maju terebut?
Maka prediksi media McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030 tidak akan terwujud


4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Terima Kasih banyak untuk infonya, sangat membantu untuk tugas saya hehe:D

    BalasHapus
  3. makasih banyak kak, bantu bangett

    BalasHapus