Rabu, 03 September 2014

Pengertian



·         General Journal atau Jurnal Umum adalah catatan akuntansi permanen yang pertama (book of original entry), yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dengan menyebutkan akun yang di debet maupun yang di kredit.
·         Cash Payment Journal atau Jurnal Pengeluaran Kas adalah jurnal yang dibuat untuk mencatat semua transaksi pengeluaran uang tunai atau kas.
·         Cash Receipt Journal atau Jurnal Penerimaan Kas adalah jurnal yang dibuat atau digunakan untuk mencatat semua transaksi penerimaan uang tunai atau kas.
·         Trial Balance atau Neraca Saldo adalah daftar akun-akun beserta saldo-saldo (debet dan kredit) yang ada di dalam buku besar pada periode tertentu.
·         General Ledger atau Buku Besar Umum adalah salah satu bagian dari proses akuntansi yang memuat semua jurnal-jurnal dalam satu periode (termasuk jurnal umum, jurnal khusus, jurnal penyesuaian, danjurnal penutup).
·         Adjusment  Entries atau Jurnal penyesuaian adalah jurnal entri untuk merubah catatan akuntansi perusahaan kedalam basis akrual atau dengan kata lainya itujurnal yang dibuat untuk menyesuaikan saldo account-account kedalam saldo sebenarnya sampai akhir periode akuntansi.
·         Worksheet atau Neraca lajur atau kertas kerja adalah daftar kolom yang berisi data yang diperlukan untuk membuat jurnal penyesuaian dan laporan-laporan keuangan.
·         Income statement atau Laporan laba / rugi), yaitu suatu laporan yang dibuat secara sistematis berisikan gambaran ringkasan tentang penghasilan (income) dan beban (expenses) dalam periode tertentu dari suatu perusahaan.
·         Balance Sheet atau Laporan Neraca yaitu laporan keuangan yang menunjukkan posisi aset, kewajiban, dan capital pada periode tertentu.
·         Cash Flow Statement atau Laporan arus kas adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan aliran masuk dan keluaruang (kas) perusahaan.
·         Laporan perubahan ekuitas melaporkan perubahan ekuitas pemilik.
·         Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.
·         Siklus Akuntansi adalah suatu proses pengolahan data yang terdiri dari urutan transaksi yang berdasarkan bukti transaksi sehingga dapat menghasilkan informasi laporan keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar