Rabu, 24 September 2014

Jabatan atau Karir Dalam Bidang Keuangan Perusahaan




Pengantar Akuntansi
Jabatan Atau Karir Dalam Bidang Keuangan Perusahaan


Kelompok 3
o   Adinda Larasati Kirana
o   Amelia Tri Astuti
o   Aulia Kusumaningtyas
o   Chininta Sevty Meuthia Raynissa
o   Dereyna Trijulia
o   Ega Novitasari
o   Gita Rodianah
o   Meliyana
o   Revita Larasiani
o   Salsabila Hisanah
o   Yuni Defita
Kelas : XI Akuntansi 3



JABATAN ATAU KARIR DALAM BIDANG KEUANGAN PERUSAHAN
Jenjang jabatan di bidang akuntansi yang ada pada suatu perusahaan secara umum :
v   Manajer Akuntansi
Manajer akuntansi adalah kepala bagian atau departemen akuntansi yang bertugas untuk merancang sistem pembukuan, mengatur dan mengorganisir pembukuan, mengawasi pelaksanaan pembukuan, menyediakan laporan keuangan yang dibutuhkan pemegang saham, investor, kreditur, juga karyawan,  merencanakan dan menganalisa pembelanjaan perusahaan, mengatur struktur aktiva (struktur kekayaan perusahaan), struktur financial, dan modul.
v   Asisten Manajer Akuntansi
Asisten manajer akuntansi bertugas membantu manajer akuntansi dalam melaksanakan tugasnya.
v   Penata Buku (Book Keeper)
Penata buku atau juga dapat disebut dengan book keeper merupakan jabatan di bidang akuntansi yang mempunyai tugas sebagai pelaksana pembukuan. Sebagai pelaksana pembukuan harus memiliki kemampuan sebagai berikut :
·     Menyiapkan bukti transaksi atau dokumen transaksi
·     Menganalisis bukti transaksi (mampu menentukan kebenaran, keabsahan, dan pengelompokkan bukti transaksi)
·     Mencatat transaksi ke dalam buku jurnal
·     Mencatat transaksi dalam buku pembantu
·     Mencatat data dari buku jurnal ke dalam buku besar umum
·     Membuat kertas kerja laporan keuangan (neraca lajur)
·     Menyusun laporan keuangan
A.   Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap sebagai jawaban yang paling tepat!
1.      Jabatan di bidang akuntansi yang ada pada suatu perusahaan secara umum, ada ……
a.       3          b. 4      c. 5      d. 6      e. 7
2.      Kepala bagian atau departemen akuntansi, disebut ……
a.       Asisten Manajer Akuntansi                                         d. Book Keeper
b.      Manajer Akuntansi                                                      e. Administrator
c.       Penata Buku
3.      Berikut adalah tugas manajer akuntansi, kecuali……
a.       merancang sistem pembukuan
b.      mengatur dan mengorganisir pembukuan
c.       menyiapkan bukti transaksi atau dokumen transaksi
d.      mengawasi pelaksanaan pembukuan
e.       menyediakan laporan keuangan
4.      Dibawah ini adalah orang yang membutuhkan laporan keuangan, kecuali……
a.       pemegang saham
b.      investor
c.       kreditur
d.      debitur
e.       karyawan
5.      Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang penata buku adalah ……
a.       merancang sistem pembukuan
b.      mengatur dan mengorganisir pembukuan
c.       mengawasi pelaksanaan pembukuan
d.      menyediakan laporan keuangan
e.       menyusun laporan keuangan


B.     Jawablah soal - soal berikut dengan tepat!
1.      Sebutkan jabatan atau karir dalam bidang keuangan perusahaan!
2.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manajer Akuntansi!
3.      Jelaskan tugas dari Manajer Akuntansi!
4.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Asisten Manajer Akuntansi
5.      Sebutkan dan jelaskan kemampuan apa yang harus dimiliki oleh seorang penata buku!


Kunci Jawaban
1.      a
2.      b
3.      c
4.      d
5.      3

1.      Manajer Akuntansi, Asisten Manajer Akuntansi, dan Penata Buku (Book Keeper)
2.      Manajer akuntansi adalah kepala bagian atau departemen akuntansi
3.      Tugas manajer akuntansi adalah untuk merancang sistem pembukuan, mengatur dan mengorganisir pembukuan, mengawasi pelaksanaan pembukuan, menyediakan laporan keuangan yang dibutuhkan pemegang saham, investor, kreditur, juga karyawan,  merencanakan dan menganalisa pembelanjaan perusahaan, mengatur struktur aktiva (struktur kekayaan perusahaan), struktur financial, dan modul
4.       Asisten manajer akuntansi bertugas membantu manajer akuntansi dalam melaksanakan tugasnya
5.      Menyiapkan bukti transaksi atau dokumen transaksi
Menganalisis bukti transaksi (mampu menentukan kebenaran, keabsahan, dan pengelompokkan bukti transaksi)
Mencatat transaksi ke dalam buku jurnal
Mencatat transaksi dalam buku pembantu
Mencatat data dari buku jurnal ke dalam buku besar umum
Membuat kertas kerja laporan keuangan (neraca lajur)
Menyusun laporan keuangan

2 komentar: